tensi darah normal anda

Sudah Tahu Tensi Darah Normal Sesuai Usia? Simak di Sini

Info Terkini

Tekanan darah seringkali menjadi indikasi sehat atau tidaknya tubuh manusia. Biasanya tekanan darah yang normal ditandai dengan kondisi tubuh yang bugar. Sayangnya beberapa orang mungkin kebingungan mengenai angka tekanan darah dalam kondisi yang normal. Ternyata tekanan darah pada kondisi normal berbeda beda sesuai tingkatan usia. Berikut ini tensi darah normal berdasarkan usia seseorang.

Tekanan Darah Normal Sesuai Tingkatan Usia

1. Tekanan Darah pada Anak Anak

Tekanan darah pada anak anak cukup sulit diketahui. Hal ini dikarenakan pada saat usia anak anak, terjadi beberapa fase pertumbuhan. Tentunya bayi yang lahir memiliki tekanan darah yang berbeda dengan saat balita. Bayi yang baru lahir dianggap memiliki tekanan darah yang normal dengan angka 90/80 mmHg. Namun, saat menginjak usia 3 hingga 12 tahun maka tekanan darah dianggap normal jika angkanya 104-113 mmHg hingga 119-127 mmHg.

2. Tekanan Darah pada Orang Dewasa

Umumnya orang dewasa memiliki tekanan darah angka 120/80 mmHg. Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan jantung ketika memompa darah, sedangkan angka 80 menunjukkan tekanan jantung beristirahat sejenak ketika memompa darah. Tekanan darah pada orang dewasa berubah ubah tergantung beberapa faktor seperti gaya hidup yang sehat. Biasanya orang yang sering begadang rentan terhadap perubahan tekanan darah.

ini tensi darah Normal Tinggi Rendah dan Tips Menjaganya

Selain itu, tekanan darah juga berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi. Makanan yang mengandung garam dipercaya dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga harus dihindari penderita tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang terlalu tinggi juga dapat disebabkan karena obesitas atau berat badan yang berlebihan. Tentunya kondisi ini dapat memicu penyakit yang serius seperti stroke, sehingga harus diwaspadai.

3. Tekanan Darah Saat Hamil

Ibu yang sedang hamil memiliki tensi darah normal sama dengan orang dewasa yaitu berada pada angka 120/80 mmHg. Namun, pada saat sedang hamil, akan terjadi perubahan angka tekanan darah yang cukup drastis apabila terjadi kenaikan atau penurunan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena dipengaruhi hormon yang sedang meningkat. Jika terjadi penurunan dan kenaikan tekanan darah saat hamil, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter terdekat.

4. Tekanan Darah Saat Usia Lanjut

Tekanan darah saat memasuki usia di atas 60 tahun biasanya mengalami perubahan. Orang lanjut usia seharusnya memiliki sistol di bawah 140 mmHg, sedangkan diastol seharusnya berada di bawah 90 mm Hg. Namun, ketika kondisi seseorang semakin tua, maka secara natural tekanan darah akan semakin meningkat. Jika tidak menderita penyakit ginjal kronis, maka tekanan darah 140/80 mmHg dianggap normal normal dan tidak memerlukan pengobatan tertentu.

Namun, jika orang tua tersebut memiliki penyakit diabetes atau ginjal kronis, maka tekanan darah 140/90 mmHg harus diturunkan. Untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal di usia lanjut, seseorang harus melakukan olahraga secara teratur. Olahraga yang rutin dapat menurunkan tekanan darah sistolik mulai dari 4-9 mm Hg. Selain itu, tekanan darah yang terlalu tinggi juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat hipertensi dari dokter.

Tekanan darah yang normal saat masih anak anak memiliki angka yang rendah dibandingkan orang dewasa. Begitupun pada saat memasuki lanjut usia, tekanan darah akan meningkat secara normal. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah perubahan tekanan darah, yaitu olahraga secara teratur dan memilih asupan makanan yang tepat. Selain itu, anda juga harus rutin memeriksa tekanan darah untuk mengurangi resiko perubahan tekanan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *