pendaftaran merek dagang online

Sangat Mudah Dan Praktis, Yuk Simak Cara Pendaftaran Merek Dagang Online Di HKI

Info Terkini

Jika anda memiliki sebuah bisnis, alangkah baiknya untuk mendaftarkan merek anda ke Ditjen HKI. Saat ini beragam jenis bisnis baik online maupun ofline bisa anda temukan dengan berbagai merek dagang. Oleh karenanya wajib bagi anda untuk melakukan pendaftaran merek dagang online, sehingga merek yang anda miliki legal secara hukum dan paten milik anda. Bagaimana prosedur yang tepat untuk melakukannya? Yuk simak ulasan selengkapnya.

Cara Mendaftarkan Merek Dagang di HKI

1 Melakukan Penelusuran Merek

Menelusuri sebuah merek dagang adalah hal yang pertama kali wajib anda lakukan sebelum mendaftarkan merek. Hal ini sangat penting untuk menghindari nama yang sama dengan beberapa bisnis di luar sana. Penelusuran ini bisa dilakukan melalui bantuan Google atau bertanya langsung pada pihak terkait yang sudah mengalami hal ini. Jika nama merek anda sudah benar benar tidak ada yang menyamai, maka anda bisa mengajukan pendaftaran merek tersebut.

pendaftaran merek dagang online Cara Mendaftarkan Merek Dagang

2. Mempersiapkan Persyaratan Pengajuan

Setelah anda mengunjungi website terkait pendaftaran merek, maka silakan siapkan persyaratan untuk mendaftarkan merek dagang anda. Adapun beberapa syarat yang harus anda penuhi adalah beberapa keterangan data diri yang mendukung. Anda harus menyerahkan identitas pemohon, menyiapkan 30 contoh merek, menyiapkan daftar barang atau jasa yang diberi merek, surat kuasa jika diperlukan, fotokopi KTP pemohon dan fotokopi NPWP.

3. Prosedur Pendaftaran Merek

Untuk pendaftaran merek dagang online ini dibagi menjadi dua bagian yaitu pengajuan merek oleh pemohon langsung dan melalui proses verfikasi yang dilakukan oleh Ditjen HKI. Pemohon akan diminta mengisi formulir pendaftaran merek dengan berbagai syarat lain yang harus dipenuhi. Beberapa formulir yang dimaksud diantaranya adalah surat keterangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), etiket pembayaran, bukti pembayaran dan berkas yang lain.

Kemudian anda harus menunggu pengumuman kurang lebih selama dua bulan. Selama masa dua bulan ini maka akan ada pihak lain yang mengajukan keberatan, dan anda pun bisa mengajukan sanggahan atas keberatan dari pihak lain tersebut. Setelah tahap pengumuman, maka tahap terakhir adalah pemeriksaan substantif. Pada tahap ini maka akan diputuskan mengenai persetujuan pendaftaran merek dagang yang sudah diajukan oleh pemohon dari pihak Ditjen HKI.

4. Mengajukan Keberatan

Setelah disetujui, maka 10 hari setelahnya Ditjen HKI akan mengumumkan permohonan tersebut dalam sebuah berita resmi merek. Pengumuman ini akan berlangsung selama tiga bulan lamanya. Pastikan anda selalu mengecek secara berkala mengenai pengumuman tersebut melalui website resminya. Anda bisa mengajukan surat keberatan secara tertulis ke Ditjen HKI paling lama dua bulan sejak tanggal penerimaan salinan diumumkan.

pendaftaran merek dagang online kerja usaha

5. Melakukan Pemeriksaan Kembali

Jika anda mengajukan keberatan, maka Ditjen HKI akan menggunakan keberatan tersebut untuk kembali mengadakan pemeriksaan. Biasanya pemeriksaan ini akan diselesaikan dalam jangka waktu paling lama dua bulan sejak berakhirnya masa pengumuman. Jika tidak ada masalah dalam prosesnya, maka Ditjen HKI akan menerbitkan sertifikat merek dalam waktu paling lama 30 hari. Anda harus menunggu proses tersebut dengan tetap mengembangkan bisnis anda.

Dengan mengetahui tahapan proses pendaftaran merek yang benar, maka anda akan mudah untuk mempersiapkan diri sebelumnya. Siapkan beberapa berkas berkas yang kiranya diperlukan sehingga anda akan lebih mudah untuk mendaftarkanya. Anda juga harus melakukan penelusuran terkait nama merek anda terlebih dahulu, sehingga nama tersebut menjadi paten milik anda secara legal dan tidak ada lagi nama merek yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *