Asuransi Pendidikan Anak ini

Kenali 5 Faktor Penting Saat Memilih Asuransi Pendidikan Anak

Info Terkini

Ketika anak sudah mendekati masa sekolah, sebagai orang tua anda akan memikirkan pendidikan terbaik untuknya. Sayangnya kondisi keuangan yang tidak pasti menjadi sebuah masalah yang cukup serius. Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan mendaftarkan anak untuk mendapatkan asuransi. Namun, pemilihan jasa asuransi yang tidak tepat, bisa menyebabkan anda menyesal di kemudian hari. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih asuransi pendidikan anak.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Pendidikan

1. Biaya Asuransi

Sebelum memastikan untuk mendaftarkan anak di salah satu asuransi, sebaiknya anda perlu melihat apakah biaya asuransi yang ditetapkan sudah sesuai dengan biaya pendidikan yang sesungguhnya. Untuk mempertimbangkan hal tersebut, maka anda perlu menentukan dimana anak anda akan sekolah, berapa biaya di sekolah tersebut dan berapa kenaikan biaya di sekolah tersebut. Anda juga perlu menentukan seberapa tinggi jenjang pendidikan yang diingkan untuk anak anda.

Tabungan Pendidikan Anak yang Asuransi Pendidikan Anak

2. Kondisi Keuangan Perusahaan Asuransi

Setiap produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Jangan terburu buru untuk memilihnya. Jika ingin menentukan perusahaan asuransi yang tepat, maka anda bisa melihat dari kekuatan finansial perusahaan tersebut. Hal ini bisa diketahui melalui aset dan liabilitas serta kualitas dari tenaga kerjanya. Kondisi keuangan perusahaan asuransi dapat dilihat dari laporan neraca keuangan secara tranparan yang disampaikan kepada masyarakat.

3. Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Pastikan anda benar benar memilih asuransi yang terbaik dengan, melihat kredibilitas perusahaan asuransi tersebut. Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki rekam jejak positif dan sudah terpercaya di kalangan masyarakat. Agar lebih memahami mengenai produk yang ditawarkan, sebaiknya anda menanyakan kepada agen asuransi. Dan pastikan untuk mendapatkan informasi yang jelas. Anda juga perlu meminta informasi dan masukan dari orang lain yang sudah memiliki asuransi di perusahaan tersebut.

4. Polis yang Dipilih

Anda juga perlu mempertimbangkan jenis polis yang dipilih. Asuransi pendidikan anak merupakan investasi jangka panjang, dimana dana baru bisa ditarik ketika anak anda sudah memasuki usia tertentu sesuai dengan ketentuan dalam premi. Sedangkan kurikulum dan sistem pendidikan di Indonesia seringkali mengalami perubahan. Maka sebaiknya pilihlah polis yang lebih fleksibel, sehingga dana dapat diklaim setiap saat apabila terjadi kekurangan biaya akibat perubahan tersebut.

Jenis Tabungan Pendidikan untuk Masa Depan Anak Asuransi Pendidikan Anak

Selain itu, anda juga perlu menghitung besaran biaya pendidikan secara tepat. Agar saat pencairan dana asuransi, anda tidak sampai mengalami kekurangan. Pertimbangkan juga apabila anda polis dengan mata uang yang bisa diganti. Hal ini mengantisipasi apalabila nantinya anda ingin menyekolahkan anak ke luar negeri setelah jenjang pendidikan tertentu, sehingga asuransi tersebut masih dapat anda manfaatkan.

5. Jumlah Uang Pertanggungan Asuransi

Mendaftarkan anak di asuransi akan menjamin pendidikannya, ketika orang tua mengalami resiko yang bisa menyebabkan kesulitan membiayi sekolahnya. Namun, anda perlu mengetahui berapa jumlah yang ditanggung perusahaan apabila terjadi resiko. Hal ini bisa dilihat dari uang pertanggungan, yang merupakan dana yang akan dibayarkan perusahaan apabila tertanggung mengalami musibah.

Asuransi yang terbaik akan memberikan proteksi uang pertanggungan yang memadai. Sebaiknya anda perlu mengecek terlebih dahulu jumlah uang pertanggungan yang tercantum dalam buku polis. Kebanyakan orang tua kurang memahami hal ini, dan lebih memilih jumlah dana yang bisa ditarik ketika anak sudah memasuki masa sekolah. Untuk meningkatkan uang pertanggungan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya mengambil asuransi lebih awal, sehingga premi yang dibayar lebih murah.

Mungkin asuransi menawarkan sejumlah manfaat dan jaminan ketika anak sudah masuk masa sekolah. Namun, anda juga perlu memahami resiko ketika mendaftar di asuransi. Apalagi jika premi yang harus dibayarkan ternyata lebih banyak dari pada uang pertanggungan. Sebaiknya merencanakan pendidikan yang terbaik untuk anak bisa dilakukan dengan menabung, karena lebih minim resiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *