perhitungan premi asuransi

5 Faktor yang Memengaruhi Perhitungan Premi Asuransi

Info Terkini

Premi yang dibebankan kepada nasabah asuransi memang berbeda beda, sehingga tidak semua orang membayar dengan nominal yang sama. Hal ini tentu sangat baik karena kemampuan tiap nasabah tidak sama, agar tidak memberatkan. Menentukan besarnya premi pada suatu periode tertentu dipengaruhi oleh beberapa faktor yang sangat penting. Perhitungan premi asuransi ini sangat penting diketahui nasabah agar tidak ada anggapan perusahaan tidak transparan. Yuk cek di sini!

Faktor Pembeda Penghitungan Premi yang Dibebankan pada Nasabah

1. Tipe Asuransi

Suatu perusahaan asuransi tentu memiliki beberapa produk atau tipe asuransi yang berbeda. Dari segi manfaat, sistem kerja, dan besarnya premi yang harus dibayar juga bervariasi. Oleh karena itu, anda dapat memilih tipe asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda dalam membayar premi dalam satu periode. Manfaat dari tipe asuransi yang ditawarkan juga memengaruhi besarnya premi, sehingga dapat memberi proteksi lebih pada nasabah.

perhitungan premi asuransi anda

2. Jangka Waktu

Tentu sudah tidak asing lagi dengan asuransi berjangka yang sering kali dipilih karena fleksibel untuk pencairan dananya. Biasanya terdapat beberapa pilihan, yaitu 10 tahun, 20 tahun, atau 30 tahun. Premi yang dibebankan pada nasabah tentu berbeda untuk ketiga pilihan tersebut, sehingga anda dapat memilih jenis asuransi yang sesuai. Premi untuk jangka waktu 10 tahun tentu lebih rendah daripada premi untuk jangka waktu 20 tahun, begitu seterusnya.

Jenis asuransi berjangka ini memiliki kategori yang berbeda beda, sehingga perlu diketahui secara lebih detail sebelum memilihnya. Anda harus memerhatikan dari segi manfaat dan sistem kerjanya secara saksama, bukan hanya dari besarnya premi. Jangka waktu yang lebih pendek bukan berarti lebih bagus. Semua hal dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah dan kemampuan yang dimiliki. Yang paling bagus tentu tidak melebih waktu yang anda butuhkan.

3. Usia

Perhitungan premi asuransi ini juga dipengaruhi oleh faktor usia dari tertanggung atau nasabah asuransi. Tidak dapat dipungkiri bahwa usia juga memengaruhi besar kecil premi yang harus anda bayarkan pada jangka waktu tertentu. Nasabah yang berusia 25 dan 35 tahun dengan kondisi kesehatan serta status kawin yang sama tentu dipatok dengan besar premi yang beda. Nasabah yang berusia lebih muda tentu akan membayar premi yang lebih rendah.

4. Jumlah Pertanggungan

Yang tidak kalah penting dan berperan pada besarnya premi produk asuransi adalah jumlah pertanggungan. Ilustrasi untuk nasabah yang masih lajang mendapat uang pertanggungan asuransi sebesar 1 miliar rupiah. Sedangkan nasabah dengan usia yang sama, tapi sudah menikah dan memiliki anak tentu akan mendapat uang pertanggungan uang lebih besar. akan tetapi, harus diingat bahwa besarnya premi yang dibayarkan juga tidak sama antara keduanya.

perhitungan premi asuransi pilihan

5. Kondisi Kesehatan

Salah satu faktor penting saat menghitung premi yang dibebankan pada nasabah adalah kondisi kesehatan. Setiap nasabah baru yang akan memilih produk asuransi, tentu setiap perusahaan akan menanyakan riwayat kesehatannya. Tidak hanya itu, anda juga akan ditanyai terkait gaya hidup anda selama ini. Calon nasabah dengan riwayat kesehatan yang cukup parah akan dikenai biaya premi lebih besar daripada orang yang tidak memiliki riwayat yang sama.

Premi yang dibebankan pada setiap nasabah dibayarkan setiap jangka waktu tertentu, baik bulanan maupun tahunan. Besarnya premi yang dikeluarkan setiap nasabah tidak sama karena perbedaan faktor pada diri seseorang. Uang yang diberikan pada perusahaan ini cukup berat bagi anda, sehingga lebih baik jika menabung. Menyisihkan uang atau penghasilan tiap bulan akan terasa lebih ringan dan dapat anda pakai sewaktu waktu, terutama di saat yang mendesak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *